Keren, Hewan-Hewan Ini Punya Struktur Sarang seperti Dirancang oleh Seorang Arsitek!

72

Makhluk pada umumnya akan bertempat tinggal di wilayah yang sesuai dengan kebutuhannya, nggak terkecuali para hewan. Beberapa hewan ada yang memilih bertempat tinggal di dalam gua, pohon, dalam tanah, dan dalam air. Beberapa hewan ini ada juga yang membangun sarang secara sendrian ataupun berkelompok.

Nah, sama halnya kayak manusia beberapa hewan juga punya bakat merancang sarangnya bak seorang arsitek. Rancangan sarangnya ini emang bener-bener menakjubkan dan punya fungsi sesuai kebutuhan mereka loh, Bahan yang digunakan pun terjadang mereka produksi sendiri. Hmm, hebat kan? Pengen tahu hewan apa saja yang punya bakat merancang sarang seperti seorang arsitek? Kita lihat yuk di bawah ini.

Keren, Hewan-Hewan Ini Punya Struktur Sarang seperti Dirancang oleh Seorang Arsitek!

Sarang ini adalah milik sekumpulan burung dengan jenis yang berbeda. Mereka membangun sarang besar ini di pohon-pohon tinggi atau terkadang di tiang telepon. Sarang ini dibuat dari daun dan ranting yang sudah kering. Kerennya, ternyata di dalam sarang ini terbagi menjadi beberapa ruangan yang bisa digunakan di musim yang berbeda-beda. Mereka juga buat tombak loh di ujung pintu masuk yang berfungsi sebagai pengaman. Keren ya.

Keren, Hewan-Hewan Ini Punya Struktur Sarang seperti Dirancang oleh Seorang Arsitek!

Masih milik burung, sarang berbentuk gua satu ini adalah milik Vogelkop Bowerbird. Burung satu ini hidup di Indonesia loh. Ternyata sarang ini dibuat burung jantan saat musim kawin tiba untuk menarik perhatian sang betina. Nah uniknya, sang burung jantan nggak hanya membangun sarangnya dengan ranting aja loh tapi juga menghias bagian dalamnya dengan bunga atau buah atau benda apapun yang mungkin bisa menarik betina incarannya. Lucu kan?

Keren, Hewan-Hewan Ini Punya Struktur Sarang seperti Dirancang oleh Seorang Arsitek!

Ada yang tau siapa pemilik sarang ini? Dia adalah rayap, hewan pemakan kayu. Nah, kalau rayap yang hidup di rumah biasanya dikenal sebagai hama yang pemalas beda halnya dengan rayap yang hidup di alam bebas atau dikenal dengan Cathedral Rayap. Koloni rayap ini membangun sendiri rumah mereka dari lumpur, kayu yang mereka makan, air liur, dan kotoran mereka sendiri loh. Unik banget deh rayap ini.

Keren, Hewan-Hewan Ini Punya Struktur Sarang seperti Dirancang oleh Seorang Arsitek!

Nah, kalau kita biasanya lihat jaring laba-laba dengan bentuk menyerupai benang yang ditata beda halnya dengan sarang laba-laba dari jenis Trapdoor ini. Sarang yang mereka buat, nggak berupa benang seperti laba-laba lain tapi seperti bulatan seperti gambar di atas itu loh. Meskipun begitu, para mangsa mereka tetap akan terjebak kalau melewati sarang laba-laba ini.

Keren, Hewan-Hewan Ini Punya Struktur Sarang seperti Dirancang oleh Seorang Arsitek!

Tawon punya sarang yang unik. Begitu juga dengan tawon dari jenis Tawon Kertas ini. Mereka membangun sebuah sarang yang kompleks terbuat dari kayu, lumpur, atau tanaman. Mereka juga menambahkan sarang ini dengan zat kimia khusus agar telur-telur mereka todak dicuri semut dan para pemangsa.

Gambar Hari Ini:

Keren, Hewan-Hewan Ini Punya Struktur Sarang seperti Dirancang oleh Seorang Arsitek!