Hiiiy, Tumbuhan Cantik Ini Ternyata Pemakan Daging Loh!

432

Kamu tahu kantong semar? Yap, dia adalah salah satu tumbuhan pemakan daging yang paling banyak dikenal. Tapi tahu nggak sih, kalau ternyata masih banyak loh tumbuhan karnivora lain yang ada di muka bumi?

Beberapa dari mereka juga berpenampilan sangat cantik sehingga para mangsanya nggak akan nyangka deh kalau ternyata tumbuhan ini adalah predator mereka. Nah, mau tahu nggak tumbuhan karnivora apa saja yang punya penampilan super cantik? Kita lihat yuk berkut ini.

Hiiiy, Tumbuhan Cantik Ini Ternyata Pemakan Daging Loh!

Ini pasti yang paling sering dilihat oleh banya orang, Tumbuhan yang banyak dikenal dengan nama Venus Flytrap ini memangsa serangga dengan berbagai ukuran. Namun, beberapa serangga berukuran kecil bisa kok lepas dari santapan sang tumbuhan cantik ini.

Hiiiy, Tumbuhan Cantik Ini Ternyata Pemakan Daging Loh!

Tumbuhan cantik berkantong ini dikenal dengan nama Darlingtonia californica. Bentuknya yang rada mirip ular kobra ini emang mengisyaratkan kalau tumbuhan ini sebahaya ular berbisa tersebut. Tumbuhan yang bisa ditemukan di wilayah California, Amerika ini merupakan salah satu tumbuhan karnivora yang paling efisien karena juga memanfaatkan air di bagian akarnya untuk mengolah makanannya.

Hiiiy, Tumbuhan Cantik Ini Ternyata Pemakan Daging Loh!

Nah, kamu pasti tahu dong tumbuhan berikut ini? Yap, dia adalah si kantong semar. Tumbuhan yang mirip teko ini emang sering sekali ‘meminum’ air hujan dan menampungnya di kantong besarnya. Nah, selain untuk menampung air, kantongnya ini juga berfungsi untuk mencerna dan menangkap mangsanya. Mangsanya? Serangga, bahkan burung kecil. Wah wah.

Hiiiy, Tumbuhan Cantik Ini Ternyata Pemakan Daging Loh!

Siapa sangka si imut ini merupakan karnivora? Tapi begitulah kenyataanya, tumbuhan dengan nama Byblis ini memiliki ujung daun yang memiliki zat kimia semacam lem yang mengundang serangga datang. Nah, ketika si serangga sudah hinggap maka daunnya akan memerangkap serangga tersebut. Imut tapi menyeramkan ya.

Hiiiy, Tumbuhan Cantik Ini Ternyata Pemakan Daging Loh!

Punya bunga kuning yang cantik, bukan berarti tumbuhan ini nggak berbahaya buat para serangga loh ya karena ternyata tumbuhan ini merupakan jenis karnivora. Tumbuhan berjennis Utricularia ini mampu memangsa jentik nyamuk, protozoa, dan telur ikan. Meskipun karnivora, tumbuhan ini termasuk ‘kalem’ loh, karena jarang menjadi karnivora kecuali dalam keadaan kekeringan.

Hiiiy, Tumbuhan Cantik Ini Ternyata Pemakan Daging Loh!

Tanaman ini juga nggak kalah menakjubkan dan super bagus dari yang di atas, tapi tetap aja si Pinguicula merupakan karnivora yang dotakuti beberapa serangga. Tumbuhan ini memiliki enzim khusus di daunnya yang bisa menarik serangga. Setelah mendekat, baru deh serangga tersebut digulung dan dicerna. Hmmm, menyeramkan juga ya.

Gambar Hari Ini:

Hiiiy, Tumbuhan Cantik Ini Ternyata Pemakan Daging Loh!